Mengenal Open Office


Mengenal Open Office 


A.          LATAR BELAKANG

            OpenOfficeCalc adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.
OpenOfficeCalc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.
OpenOfficeCalc adalah perangkat lunak spreadsheet yang bersifat bebas/open source, tersedia di bawah lisensi LGPL. Openoffice.org merupakan bagian dari paket aplikasi perangkat lunak OpenOfficeCalc sangat mirip dengan Microsoft Excel, dengan fitur yang hampir sama. Calc menyediakan sejumlah fitur yang tidak ada di Excel, seperti sistem yang secara otomatis mendefinisikan deret untuk pembuatan grafik berdasarkan layout data pengguna.


B. SEJARAH OPENOFFICE.ORG CALC
     OpenOffice.Org dikembangkan berdasarkan kode sumber (blueprint) StarOffice yang dirilis ke komunitas pada tahun 2000. Selanjutnya kode program OpenOffice.Org yang dikembangkan oleh komunitas digunakan pada StarOffice dengan ditambahkan berbagai fitur yang tidak berlisensi open source. siapa pun bisa mengakses kode sumber pembangunnya dan bisa merubah kode sumbernya.
OpenOffice.Org adalah perangkat lunak open source untuk office suite dengan kemampuan seandal office suite komersial seperti MS Office atau WordPerfect. OpenOffice.Org hadir sebagai perangkat lunak office suite alternative bagi pengguna yang tidak memiliki dana untuk membeli perangkat lunak office suite komersial.
C. FASILITAS OPEN OFFICE CALC
·         Teknologi baru DataPilot yang mempermudah pengambilan data mentah dari basis data perusahaan; tabulasi silang, penyimpulan, dan mengubahnya menjadi informasi yang lebih berguna.
·         Formula dengan bahasa natural, memungkinkan kita memasukkan formula menggunakan kata-kata (misal: penjualan – pembelian)
·         Intelligent Sum Button memasukkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis, tergantung pada konteks.
·         Wizard yang memandu pengguna dalam memilih dan menggunakan fungsi-fungsi spreadsheet lanjut secara komprehensif.
·         Styles and Formatting mempermudah dalam mengaplikasikan pilihan pemformatan sel secara fleksibel, misalnya merotasikan isi sel dengan bebas, template, latar belakang, garis tepi, dan banyak lagi.
·         Scenario Manager yang memungkinkan analisis “bagaimana jika...” (what if..) hanya dengan menekan satu tombol saja.
·         Penyimpanan spreadsheet dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen office. Format berbasis XML ini dapat diakses oleh perangkat lunak lain yang kompatibel terhadap OpenDocument.
  • Hasil pekerjaan lama yang dibuat menggunakan Microsoft Excel dapat dibuka dengan mudah dengan Calc. Kita juga dapat menyimpan pekerjaan yang kita buat dengan Calc ke dalam format dokumen Excel.


Keterangan :
1.      Title Bar : Nama File yang sedang aktif, jika file tersebut belum diberi nama, maka akan tertulis UNTITLED1
2.      Menu Bar : Kumpulan instruksi-instruksi untuk melakukan berbagai perintah
3.      Tool Bar : Gambar (icon) yang mewakili sebuah perintah dari salah satu sub menu, biasanya ini digunakan untuk mempercepat langkah.
4.      Cell Reference : Merupakan petunjuk cell yang aktif
5.      Formula Bar : Untuk memasukkan data atau menulis rumus
6.      Vertical Scroll Bar : Untuk menggulung layar ke atas atau ke bawah
7.      Horizontal Scrool Bar :Untuk menggulung layar ke kiri atau ke kanan
8.      Status Bar : Sebagai petunjuk tentang status atau kondisi dokumen saat ini, biasanya akan tercantum jumlah halaman dan percentase tampilan.


D. SISTEM OPERASI CALC
      Membuka dan Menutup Calc
    1.Membuka Aplikasi
a. Linux.
1. Untuk GNOME, klik menu Applications > Office > OpenOffice.org Spreadsheet atau OpenOffice.org 3.1 Calc.
2. Untuk KDE, klik menu K > Office > OpenOffice.org Spreadsheet atau OpenOffice.org 3.1 Calc.
b. Windows
1. Ikon Calc dapat ditemukan pada desktop. Klik dua kali dan tunggu jendelanya terbuka.
2. Atau, dengan menklik tombol Start > All Programs OpenOffice.org 3.1 > OpenOffice.org Calc.


    2. Menutup Aplikasi
Menutup aplikasi berbeda dengan menutup dokumen.
1. Klik ikon silang di salah satu pojok jendela aplikasi.
2. Atau, klik menu File > Exit.
3. Atau, tekan Ctrl + Q.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar